Tuesday, November 20, 2012

Inilah Penemu Bakteri Pegurai Plastik


Mengurai Plastik Melalui Mikro-organisme
♥♥♥♥♥♥♥♥♥
Oleh Group Berita Ottawa (Asal bahasa Inggris)
Daniel Burd, anak lelaki berusia 16 tahun dari Waterloo, Kanada telah menemukan sebuah metode yang dapat mengurai kantong plastik hanya dalam waktu 3 bulan, dengan demikian ini dapat menyelamatkan nyawa hewan yang tak terhitung banyaknya dan memulihkan keindahan Bumi kita. Daniel adalah seorang murid di Waterloo Collegiate Institute, yang tampil di Pekan Raya Penemuan Ilmiah Kanada, yang diadakan di Ottawa.
Daniel menyatakan bahwa tas plastik butuh 1000 tahun untuk dapat diuraikan dan sangat merugikan lingkungan kita. Setiap tahun ada sekitar 500 milyar kantong plastik yang digunakan. Sebagai tambahan dalam hal pencemaran lingkungan, miliaran kantong plastik berakhir di lautan, tempat dimana mereka kemudian dicerna oleh hewan-hewan air, ini membahayakan atau bahkan menyebakan kematian bagi tak terhitung banyaknya kura-kura, ikan, burung-burung, dan bahkan ikan-ikan paus.Selama penelitian ilmiahnya, Daniel menemukan bahwa beberapa tipe bakteri dalam tanah secara efektif dapat mengurai kantong plastik. Setelah melakukan berbagai percobaan, ia akhirnya dapat menyekat dua mikroba yang termasuk dalam keturunan Genus Sphingomonas dan Pseudomonas yang mempunyai kemampuan menguraikan polyethylene dengan sukses.
Ia kemudian berkonsentrasi secara penuh kepada kedua jenis mikroba ini. Ia menambah sedikit larutan cuka (sodium acetate), untuk mendukung pertumbuhan bakteri, dan meletakkan campuran ini di antara beberapa lembar tas plastik belanja. Hanya dalam enam minggu, larutan yang dibuat Burd telah membuat plastik mengurai hingga 43%, dan ia percaya tas plastik itu akan diuraikan sepenuhnya dalam waktu tiga bulan.
Burd yakin bahwa metode ini bisa digunakan dalam skala besar. Ia berkata, “Proses aplikasinya sangat mudah. Yang Anda butuhkan hanya proses peragian… Biakkan bakterinya dalam panas sedang, lalu mikroba yang Anda hasilkan di taruh di kantong plastik.” Untuk tambahan, mengurangi panas diperlukan dalam prosesnya, karena bakteri akan menciptakan panasnya sendiri setelah mereka mengurai plastiknya. Penemuan anak muda ini telah menarik perhatian orang-orang di seluruh dunia.
Untuk menghargai penemuan dan itikad baik Burd dalam menyelamatkan sahabat hewan dan lingkungan kita, Maha Guru Ching Hai memberikan kepadanya Penghargaan Penemu Cemerlang Dunia pada tanggal 4 September, Tahun Emas 5 (2008), bersama dengan hadiah sebesar US$500. Setelah menerima penghargaan, Daniel mengirimkan surat terima kasihnya yang indah kepada Maha Guru Ching Hai,  “Penghargaan seperti ini memberikan kesan yang sangat besar kepada saya, ini membuktikan bahwa ada banyak Organisasi dan individu di dunia kita yang masih bekerja dan sangat mendukung pentingnya pemulihan isu-isu lingkungan kita… Kita hanya perlu menemukan keseimbangan antara Alam dalam kehidupan sehari-hari kita karena kita tidak bisa terus hidup dengan keras kepala seolah-olah kita masih mempunyai Bumi cadangan di saku kita.”
Burd telah menyelesaikan tahun ajaran terakhirnya di SMU dan ia berencana untuk melanjukan ke universitas yang mempelajari ilmu pengetahuan. Semoga Tuhan memberkati Anda dengan melimpah serta karya-karya ilmiah Anda di masa depan, Daniel Burd, seorang Penemu Cemerlang Dunia!http://godsdirectcontact.or.id/news/202/i202-eNews/images/end.gif

Surat terima kasih dan tanda terima dari Daniel Burd atas hadiah US$500 dari Guru



Artikel Terkait


EmoticonEmoticon